Bahaya Tidur Mendengkur pada Anak

      No Comments on Bahaya Tidur Mendengkur pada Anak

Mendengkur ketika tidur biasanya dialami oleh orang dewasa. Mendengkur terjadi apabila kamu memasuki fase tidur yang lebih dalam (deep sleep). Mendengkur mengeluarkan suara yang cukup berisik sehingga bisa mengganggu orang sekitar.

Mendengkur juga bisa dialami oleh anak-anak. Mendengkur pada anak dikarenakan getaran saluran nafas yang terhambat oleh aliran udara. Mendengkur merupakan kondisi yang harus diwaspadai karena bisa aja terdapat masalah pada kesehatan anak. Artikel ini akan membahas mengenai bahaya tidur mendengkur pada anak.

Bahaya Tidur Mendengkur pada Anak

Kondisi anak yang tidur sambil mendengkur tidak bisa dianggap remeh. Ketika sedang tidur, otot-otot saluran pernapasan akan rileks sehingga udara harus melewati jalur yang lebih sempit. Suara yang timbul ketika anak mendengkur berasal dari saluran hambatan saluran pernapasan. Berikut ini adalah bahaya tidur mendengkur pada anak.

·        Adanya pembesaran amandel dan adenoid

Ketika anak mendengkur bisa saja terjadi pembengkakan amandel dan adenoid pada anak. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan. Jika mendengkurnya disebabkan oleh amandel dan adenoid maka perlu dilakukan operasi amandel untuk mengatasi tidur mendengkur.

·        Adanya gangguan pada saluran napas atas

Ketika anak sedang mengalami hidung tersumbat, flu, pilek, alergi, dan gangguan pada saluran pernapasan lainnya, anak akan bernapas lewat mulut. Hal tersebut menyebabkan getaran yang bisa menimbulkan dengkuran. Hal ini perlu untuk diwaspadai jangan sampai gangguan saluran pernapasan anak bertambah parah.

·        OSA (Obstructive Sleep Apnea)

Ini merupakan kondisi dimana napas terhenti ketika sedang tidur. Ini merupakan keadaan yang berbahaya karena bisa menyebabkan kematian yang mendadak. Kondisi ini sering kali membuat anak lebih mudah rewel, tidak berkonsentrasi, dan mudah mengantuk.

·        Kelainan pada hidung

Ketika anak tidur mendengkur bisa jadi terdapat kelainan pada anatomi hidung (septum deviasi). Kondisi ini terjadi ketika jaringan dan tulang rawan yang memisahkan lubang hidung bengkok. Hal ini menyebabkan aliran udara ke hidung menjadi terhambat.

Itulah beberapa bahaya tidur mendengkur pada anak. Ketika anak selalu mendengkur saat tidur, kondisi itu perlu diwaspadai dan dilakukan pemeriksaan ke dokter.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *