Banyak orang tua yang belum memiliki pengetahuan mumpuni tentang gangguan stunting dan juga bahayanya bagi masa depan anak. Bagaimana cara supaya mendapatkan informasi tentang ini? Bisa bertanya langsung ke tenaga medis tetapi jika tidak mau maka bisa membaca makalah stunting yang ada di internet.

Banyak makalah stunting yang sudah dipublikasikan di internet tang berisi tentang segala hal yang berkaitan dengan gangguan stunting. Bisa membaca beberapa makalah untuk bisa mendapatkan banyak informasi. Jangan malas untuk terus mencari tahu soal stunting.

Secara tidak langsung ketika membaca makalah stunting merupakan salah satu bentuk pencegahan dini terhadap gangguan stunting. Dengan bertambahnya informasi tentang gangguan ini secara otomatis akan mencegahnya ketika pada masa kehamilan dan saat anak baru saja dilahirkan. Untuk lebih paham tentang isinya, simak penjelasan di bawah ini.

Poin Penting yang Harus Ada Dalam Makalah Stunting 

stocksnap.io

Pengertian Stunting

Poin pertama yang harus ada dalam makalah stunting adalah menjelaskan apa sebenarnya penyakit ini. Stunting itu sendiri merupakan suatu kondisi dimana adanya gangguan pada pertumbuhan dan juga perkembangan anak sehingga tinggi badannya jauh berada di bawah anak seusia nya.

Pada awalnya gangguan stunting adalah akibat adanya masalah kekurangan nutrisi dan gizi yang sangat kronis yang disebabkan oleh berbagai faktor, masalah saat masa kehamilan atau setelah anak dilahirkan.

Penyebab Stunting

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab stunting. Salah satu penyebab utama terjadinya stunting adalah balita sedang kurang mendapatkan asupan nutrisi dan gizi maksimal sehingga mengalami gizi buruk. Fakta ini terjadi akibat kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh sang ibu mengenai gizi penting yang harus dipenuhi.

Kekurangan gizi bisa juga terjadi pada saat kehamilan dimana sang ibu tidak mendapat asupan gizi optimal. Penyebab lainnya adalah lingkungan sekitar tidak bersih dan sehat, tidak mau menjalankan imunisasi, tidak memberikan IMD serta keterbatasann pelayanan medis di daerah tempat tinggalnya.

Gejala Stunting

Gejala utama gangguan stunting adalah anak memiliki tinggi badan yang pendek dan jauh di bawah anak seusia nya. Sebenarnya untuk mengetahui hal ini cukup mudah, yaitu dengan rutin membawa anak ke posyandu supaya diukur pertumbuhan tinggi badannya.

Gejala-gejala lain gangguan stunting adalah berat badan anak cenderung menurun, mudah sekali terserang infeksi sehingga menjadi gampang sakit, pertumbuhannya terlambat, proporsi tubuh anak normal tetapi wajahnya terlihat lebih muda dan memiliki kemampuan fokus serta memori belajar yang sangat buruk.

Dampak Stunting

Poin penting lainnya yang harus ada dalam makalah stunting adalah tentang dampak. Keberadaan informasi mengenai dampak yang ditimbulkan bukan untuk menakut-nakuti tetapi untuk memberikan gambaran mengenai dampak paling buruk yang akan terjadi apabila mengalami gangguan stunting.

Dampak paling buruk dari kasus gangguan stunting adalah terjadinya kematian. dampak lainnya adalah pertumbuhan tinggi badan sangat terlambat, tumbuh kembangnya terlambat, kemampuan belajar dan kecerdasannya sangat buruk, si kecil menjadi mudah sakit, kinerja kognitif anak menurun dan terjadinya penurunan fungsi tubuh.

Pengobatan Stunting

Ketika anak terindikasi mengalami gangguan stunting, sebagai orang tua tentu akan takut dan sedih. Tetapi gangguan stunting menyerang si kecil saat berusia di bawah 2 tahun maka masih bisa disembuhkan asalkan memberi pengobatan yang benar dan optimal.

Adapun beberapa cara untuk pengobatan stunting adalah memberikan ASI Eksklusif, menerapkan IMD, rutin melakukan imunisasi sesuai yang diprogramkan pemerintah, setiap bulan hadir ke posyandu untuk mengetahui pertumbuhan tinggi badan dan berat badan, memberikan si kecil asupan nutrisi dan gizi optimal serta menjaga lingkungan supaya tetap bersih dan sehat.

Pencegahan Stunting

Poin yang terakhir adalah dengan melakukan pencegahan stunting, pencegahan bisa dimulai sejak masa kehamilan dengan cara mencukupi nutrisi yang dibutuhkan janin, menghindari paparan rokok dan juga rutin melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan maupun bidan.

Pencegahan stunting saat bayi sudah lahir yaitu dengan menerapkan IMB serta memberikan ASI Eksklusif sampai usia 6 bulan, menjalankan imunisasi, rutin mengajak anak ke posyandu, ketika anak sudah MPASI memberikan makanan yang bernutrisi dan bergizi, terakhir harus menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya.

Pentingnya Makalah Stunting 

stocksnap.io

Bisa dipastikan keberadaan makalah stunting sangat berguna untuk memberikan informasi dan menambah pengetahuan tentang gangguan stunting. Untuk itu sangat disarankan supaya membacanya, karena ketika ibu memiliki pengetahuan tentang gangguan ini berarti sedang mencegahnya sejak dini.

Jangan malas mencari makalah stunting, kalau tidak mau mencari buku yang menuliskan tentang gangguan ini juga bisa mencarinya di internet sebagai bahan bacaan untuk menambah pengetahuan. Mengingat dampak yang ditimbulkan sangat menakutkan untuk itu harus lebih proaktif dalam mencari tahu.

Nah itulah pentingnya makalah stunting sebagai bentuk pencegahan. Diharapkan supaya menambah pengetahuan soal ini. Sangat direkomendasikan ketika mengalami masalah tinggi badan untuk menggunakan. tiens peninggi badan. Tiens peninggi badan ini sudah tidak diragukan lagi khasiatnya.

Pentingnya Makalah Stunting Sebagai Bentuk Pencegahan  
Scroll to top