Perbedaan Pendapat Terkait Qunut Dari Segi Hukum

      Comments Off on Perbedaan Pendapat Terkait Qunut Dari Segi Hukum

Qunut merupakan doa yang dibaca ketika menunaikan ibadah sholat. Qunut menjadi bacaan untuk sholat witir dan subuh. Selain itu qunut juga menjadi bacaan yang bisa dibaca setiap saat. Kapan qunut dibaca? Qunut dibaca dalam posisi bangun dari rukuk atau i’tidal. Walaupun menjadi salah satu bacaan sholat namun ada perbedaan pendapat antara hukum qunut.

Qunut sendiri berasal dari bahasa Arab. Qunut mengandung arti sebagai ketaatan, patuh, kesungguhan, dan berdiri lama. Sedangkan menurut istilah qunut merupakan sebuah doa yang bisa dijadikan bacaan sholat. Qunut memiliki perbedaan dari segi hukum yang perlu diketahui semua orang. Penjelasan mengenai perbedaan pendapat hukum qunut akan dijelaskan di bawah ini.

Pendapat Ulama Mengenai Bacaan Qunut

Sebagai ulama tentu memiliki ijtihadnya masing – masing. Terkait bacaan qunut ulama juga memiliki pendapat hukum bacaan qunut yang berbeda. Hukum doa qunut dibedakan menjadi tiga bentuk. Perlu anda pahami setiap hukum qunut tersebut.

Hukum yang pertama terkait qunut sholat subuh. Hukum bacaan qunut ini disunnahkan dan bisa dibaca terus menerus. Hukum bacaan ini diperjelas dengan adanya hadits. Para ulama yang berpendapat hukum sunnah bacaan qunut ini adalah Imam Syafi’i, Imam Malik, Ibnu Abi Laila, dan ulama lainnya.

Hukum bacaan ke dua adalah menyatakan bahwa bacaan qunut ini tidak disyariatkan. Namun untuk bacaan qunut nazilah masih disunnahkan. Bacaan qunut tersebut masih diperbolehkan untuk menjadi doa di dalam mendirikan sholat. Ulama yang berpendapat hukum bacaan qunut ini adalah Imam Ahmad dan beberapa ulama lain.

Hukum bacaan ke tiga yakni qunut sudah terhapus dari hukumnya. Qunut sudah tidak disayariatkan lagi. Ulama yang memegang pendapat tersebut adalah seperti Abu Hanifah dan para ulama dari Kufah. Itulah pendapat para ulama terkait qunut berdasarkan hukumnya. Para ulama memiliki pendapatnya masing – masing mengenai bacaan qunut yang hingga saat ini masih dijadikan bacaan sholat.

Bacaan Qunut Bermanfaat Untuk Semua Orang

Bacaan qunut hingga saat ini masih banyak dijadikan bacaan ketika sholat. Bagi orang yang membaca qunut akan merasakan manfaat yang luar biasa. Orang – orang bisa membaca qunut untuk memohon diberikan kesehatan dan dijauhkan dari berbagai hal yang membahayakan. Sebagai manusia kita hanya bisa berusaha dan mengembalikan hasil dari usaha tersebut kepada Allah SWT.

Jadikan qunut sebagian dari ikhtiar anda untuk mencapai sesuatu keinginan anda. Dekatkan diri kepada Allah SWT untuk mendapatkan petunjuk jalan yang benar. Tidak ada salahnya untuk membaca qunut untuk tujuan kebaikan. Pelajari bacaan qunut yang baik dan benar untuk mendapatkan segala manfaatnya. Bacaan qunut pada waktu subuh dan witir memiliki arti yang sedikit berbeda.