Tips Desain Pintu Rumah Minimalis

      Comments Off on Tips Desain Pintu Rumah Minimalis

Salah satu komponen terpenting dalam sebuah rumah adalah pintu. Pintu memiliki fungsi utama yaitu sebagai jalur keluar masuk ke dalam rumah. Namun seiring berkembangnya waktu, ternyata pintu juga turut dikembangkan menjadi nilai estetika yang dapat mempengaruhi keindahan rumah. Jadi tak heran jika saat ini banyak model pintu yang memiliki desain menarik.

Keindahan dari sebuah pintu tentunya juga akan berpengaruh pada keindahan sebuah rumah. Namun hal yang perlu diketahui adalah tidak semua pintu yang memiliki desain bagus akan membuat setiap rumah menjadi lebih indah. Pasalnya memang setiap rumah memiliki desain dan konsepnya masing-masing, untuk itu desain pintu pun juga harus di sesuaikan sehingga terlihat lebih singkron. Nah bagi Anda yang ingin mencari informasi seputar desain rumah minimalis, Anda dapat mengakses situs rumahpedia.info.

Tips Memilih Pintu Rumah Minimalis

Tidak semua desain pintu cocok dengan desain dan konsep rumah Anda. Sebab setiap rumah memiliki desain dan konsepnya masing-masing. Iya untuk itu  pastikan antara desain pintu dan desain rumah memiliki konsep yang singkron sehingga fungsi pintu tidak hanya sebagai akses keluar masuk saja melainkan juga mengandung nilai estetikan. Nah berikut adalah beberapa tips dalam memilih pintu rumah minimalis:

unsplash.com

  1. Ukuran

Ukuran menjadi pertimbangan penting dalam memilih pintu. Iya pada umumnya ukuran pintu dalam setiap ruangan akan berbeda misalnya pintu depan memiliki ukuran yang lebih lebar, berbeda dengan pintu kamar, dan sebagainya. Pastikan Anda memilih pintu dengan ukuran yang tepat untuk rumah Anda.

  1. Bahan

Adapun bahan yang sering digunakan untuk pintu rumah adalah kayu. Dalam hal ini jenis kayu sebagai bahan pintu hendaknya juga harus dipertimbangkan. Anda dapat memilih pintu yang dibuat dari bahan kayu berkualitas seperti kayu jati, kayu gaharu, kayu merbau, kayu besi, dan lain seagainya. Pastikan Anda memilih pintu yang dibuat dari bahan-bahan yang kuat sehingga awet dan tahan lama.

  1. Amati tekstur kayu

Tekstur kayu adalah unsur yang sangat penting dalam memilih kayu berkualitas untuk dijadikan sebagai pintu. Adapun ciri dari kayu yang berkualitas yakni memiliki tekstur yang keras dan berwarna merah kecoklatan. Untuk mengenali tekstur kayu yang bagus dan berkualitas bisa dilakukan dengan cara membasahinya. Nah untuk kayu yang berkualitas pada umumnya akan mengeluarkan getah berwarna merah.

  1. Hindari kayu belang

Dalam memilih pintu, hendaknya Anda mengindari pintu dengan bahan kayu yang belang atau bercak putih. Meskipun memiliki desain yang menarik, namun kayu dengan bercak putih pada bagian pinggir akan menjadi sasaran rayap sehingga kayu tidak akan awet dan tahan lama.

  1. Desain dan warna

Selanjutnya adalah desain dan warna. Dalam hal ini Anda dapat menyesuaikan desain pintu dengan desain dan konsep rumah Anda. Iya kesesuaian antara desain pintu dengan konsep rumah akan memunculkan keindahan tersendiri pada bagian rumah.

unsplash.com

Ide Desain Pintu Rumah Minimalis

Seiring berkembangnya waktu, desain pintu pun juga terus dikembangkan menyesuaikan dengan konsep rumah yang selalu berkembang. Iya desain pintu dalam hal ini menjadi salah satu pertimbangan bagi Anda untuk memilih pintu yang cocok dengan konsep rumah Anda. Nah berikut adalah beberapa ide kreasi desain pintu untuk rumah minimalis:

  1. Pintu dengan gaya industrial

Bagi Anda yang memiliki rumah minimalis dengan gaya industrial, maka pintu bergaya industrial bergaya Perancis ini menjadi salah satu pilihannya. Dengan banyaknya kotak kaca dengan dominasi warna hitam, maka akan memunculkan kesan industrial. Selain itu Anda juga dapat menggunakan pintu dari kayu dengan finishing clear natural untuk menonjolkan karakter yang dimiliki oleh kayu. Untuk menciptakan warna kayu yang natural, Anda dapat menggunakan kenob atau ketukan berwarna agak gelap.

  1. Pintu dengan kombinasi kayu dan kaca

Pintu dengan kombinasi antara kayu dan kaca ini menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin menampilkan gaya mewah. Iya dengan bahan kayu pintu akan cocok dengan berbagai jenis gaya rumah, sedangkan kaca akan lebih mudah menjangkau sinar matahari untuk masuk ke dalam rumah. Dengan demikian ruangan akan menjadi ebih cerah dengan aksen kaca dalam pintu sehingga membuat pintu tidak menjadi kaku.

  1. Pintu dengan desain tirai

Pintu rumah dengan desain tirai juga menjadi salah satu pilihan yang menarik. Dalam hal ini pintu di desain layaknya tirai dengan setiap bagiannya yang dapat berputar berkat adanya rangkaian beberapa mesin yang cukup kompleks. Adanya poros tunggal pada pintu rumah yang tersembunyi dapat berfungsi sebagai penyeimbang. Uniknya dari pintu ini adalah papan kayu solid akan menjauh secara bertahap untuk menyambut ketika Anda membuka pintunya.

  1. Pintu rumah kayu gaya klasik

Pintu rumah dengan bahan full kayu akan membuat tampilan menjadi lebih kokoh dan megah. Dalam hal ini nda dapat menambahkan cat alami pada pintu sehingga terkesan lebih kuat. Pintu rumah dari kayu juga sangat cocok untuk ditempatkan di berbagai ruangan baik diluar maupun di dalam. Salah satu kelebihan yang dimilikinya adalah bahan kayu dapat mengisolasi hawa dingin dan panas, serta dapat menghalau kebisingan dari luar.