Cara Mencegah dan Menghilangkan Jamur di Lantai

Jamur sering kali menempel dan tumbuh pada daerah-daerah yang basah dan lembab. Karena pada daerah atau ruang yang lembab tersebut jamur atau juga mold vs mildew ini bisa cepat berkembang biak. Di dalam sebuah rumah pun jamur bisa dengan mudah tumbuh. Salah satunya pada area lantai yang kotor dan dalam keadaan lembab.

Jamur pada lantai bisa menjadi sebagai sumber penyakit dan membahayakan kesehatan tubuh. Oleh karena itu rumah pada khususnya di bagian lantai harus selalu terjaga dan dalam kondisi yang bersih. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah jamur muncul pada lantai atau ubin.

Cara Mencegah Jamur Pada Lantai

Beberapa cara di bawah ini bisa kamu praktekan untuk mencegah tumbuh dan berkembang jamur-jamur pada lantai.

  1. Cara paling sederhana untuk mencegah jamur-jamur pada lantai adalah dengan cara membuka jendela sebagai tempat ventilasi udara sehingga udara akan masuk di dalam ruangan tersebut dan suhu pada ruangan tersebut menjadi tidak lembab.
  2. Jangan meletakan benda-benda yang lembab secara langsung pada area lantai. Beberapa contoh benda-benda lembab yang tidak boleh kamu taruh langsung pada area lantai adalah semisal pot bunga dan lain sebagainya.
  3. Usahakan kamu selalu membersihkan rumah dengan cara menyapu lantai agar tidak terdapat kotoran-kotoran serta jamur yang bisa membahayakan. Kamu juga harus mengepel lantai tersebut agar semakin bersih dan kesehatan bisa lebih terjaga.
pixabay.com

Cara Menghilangkan Jamur Pada Lantai

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jamur pada lantai. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jamur pada lantai.

1. Menggunakan Minyak Biji Anggur

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jamur pada permukaan lantai adalah dengan menggunakan Minyak Biji Anggur. Minyak Biji Anggur ini merupakan ramuan yang sangat ampuh untuk menghilangkan jamur pada permukaan lantai. Kamu bisa memasukan satu sendok teh Minyak Biji Anggur pada sebuah wadah semprotan yang telah kamu tambahan air secukupnya. Setelah air dan Minyak Biji Anggur kamu masukan pada wadah tersebut, kamu kocok-kocok sebentar agar antara air dan Minyak Biji Anggur menjadi lebih merata. Langkah berikutnya adalah kamu semprotkan air tersebut pada lantai yang menjadi sarang jamur untuk berkembang. Semprotkan satu kali dan setelah itu kamu lap dengan menggunakan kain kering. Lakukan hal seperti itu berulang-ulang sampai dengan lantai tersebut terbebas dari jamur-jamur yang menempel.

2. Menggunakan Alkohol

Alkohol juga terbukti sangat ampuh untuk membasmi jamur-jamur sampai dengan akar-akarnya. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari kain kering yang akan kamu gunakan untuk meneteskan alkohol. Setelah kamu memiliki kain kering tersebut maka kamu teteskan sedikit saja alkohol pada kain tersebut dan kamu lap pada lantai yang terdapat jamur-jamur. Biarkan selama beberapa saat dan kamu lap lagi dengan menggunakan kain kering lain. Jika sudah, langkah selanjutnya adalah meneteskan lagi alkohol dan mengelap lantai tersebut. Kamu bisa melakukan hal tersebut selama beberapa kali sampai jamur-jamur di lantai musnah dan mati.

pixabay.com

3. Menggunakan pisau

Pisau adalah sebuah alat yang bisa kamu gunakan untuk membasmi jamur-jamur yang bersarang di lantai. Cara membasmi jamur di lantai menggunakan pisau terbilang sangat mudah yaitu kamu hanya mengeruk jamur yang ada pada lantai tersebut dengan menggunakan pisau. Saat kamu mengeruk jamur tersebut ada baiknya kamu sedikit hati-hati agar pisau yang kamu gunakan tidak tergores ke tangan mu. Kamu bisa lakukan hal tersebut berkali-kali sampai jamur-jamur tersebut benar-benar bersih dan tidak lagi menempel di lantai. Setelah jamur tersebut terkeruk, langkah terakhir adalah kamu pel lantai sehingga menjadi bersih.

4. Menggunakan cairan pembersih

Kamu juga bisa menggunakan cairan khusus pembersih yang sangat ampuh untuk membasmi jamur. Ada banyak sekali merk dari produk khusus penghilang jamur yang bisa kamu beli di toko-toko online. Cara menggunakan cairan tersebut adalah kamu teteskan sedikit cairan pembersih tersebut pada kain kering dan kamu usapkan kain yang telah kamu tetesi carian pada lantai yang menjadi sarang jamur. Kamu gosok-gosok atas dan bawah dengan putaran 360% sehingga bisa lebih merata dan jamur-jamur di lantai hilang seketika.

pixabay.com

5. Menggunakan Alat Vacuum Cleaner

Vacuum Cleaner adalah sebuah alat yang digunakan untuk membersihkan ruangan dari debu-debu dan kotoran. Alat ini juga bisa digunakan untuk membersihkan lantai dari jamur-jamur. Langkah-langkah menghilangkan jamur dengan menggunakan alat vacuum cleaner adalah kamu nyalakan vacuum cleaner tersebut dan arahkan pada lantai yang menjadi sarang dari jamur. Secara otomatis vacuum cleaner akan mengeluarkan tenaga untuk menyedot jamur-jamur tersebut dan jamur akan masuk kedalam ruang pembuangan dari vacuum cleaner. Dengan menggunakan vacuum cleaner maka kamu bisa dengan mudah menghilangkan serta membasmi jamur-jamur yang bersarang di lantai.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jamur-jamur yang menempel di area lantai pada rumah mu yang bisa saja dapat membawa berbagai macam penyakit. Sekian dan terima kasih.

Scroll to top