ISO 21001:2018, Sistem Manajemen Mutu untuk Pendidikan

Penyelenggaraan pendidikan dituntut untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan yang tinggi. Lulusan pada perguruan tinggi diharapkan mampu berdiri di kakinya sendiri dengan melakukan usaha sendiri secara mandiri tanpa harus menjadi karyawan. Oleh karena itu, penyelenggara pendidikan harus mampu memanajemen mutu yang dihasilkan. Agar lulusan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Sertifikasi ISO 21001:2018 merupakan pedoman penyelenggaraan dan standar sistem manajemen mutu di bidang pendidikan yang selaras dengan sertifikat ISO 9001. Pada penerapan ISO 21001 memiliki fokus interaksi pada penyelenggara pendidikan, pelajar, pelanggan dan semua pihak yang terkait didalamnya. Pedoman ini memudahkan penyelenggara pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.

Manfaat ISO 21001:2018

pixabay.com

Tujuan Pendidikan Selaras dengan Kebijakan

Menerapakan ISO 21001:2018 pada sebuah sistem pendidikan, akan membantu para pengambil kebijakan untuk menyesuaikan tujuan dan kegiatan pendidikan dengan kebijakan yang diambil. Hal ini juga diselaraskan dengan visi, misi dan strategi yang ada pada pendidikan tersebut. Sehingga, kebijakan yang diambil akan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Pemerataan Pendidikan

Pendidikan yang dituntut untuk menjadi pendidikan inklusif dan merata bagi seluruh anak-anak yang berhak mendapatkan pendidikan. Pendidikan inklusif disini maksudnya adalah anak-anak dengan keadaan berkebutuhan khusus diperbolehkan untuk menuntut ilmu di sekolah-sekolah umum. Namun, tetap mendapatkan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga pihak sekolah harus menyiapkan hal tersebut.

Pemerataan pendidikan bagi seluruh anak-anak yang membutuhkan sudah seharusnya dilakukan. Hal ini untuk menjamin pendidikan yang tepat sasaran dan dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Pendidikan Bersifat Pribadi

Pendidikan sudah selayaknya mampu menjangkau kebutuhan setiap anak-anak dan penyelenggara pendidikan juga harus mampu mengerti kebutuhan tiap individu. Sehingga kebutuhan pendidikan setiap individu dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu, penyelenggara pendidikan harus memiliki respon yang efektif terhadap kebutuhan pendidikan khusus.

pixabay.com

Alat Evaluasi Konsisten

Pedoman ISO 21001:2018 dapat menjadi alat evaluasi yang konsisten terhadap penyelenggaraan pendidikan. Sehingga, penyelenggara pendidikan hanya tinggal menyesuaikan evaluasi yang terdapat pada pedoman. Evaluasi yang konsisten ini akan menunjukkan dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan. Selain itu, penyelenggara pendidikan dapat meningkatkan kualitas secara konsisten.

Komitmen Manajemen Pendidikan

Penyelenggara pendidikan yang telah menerapkan standarisasi berdasarkan pada ISO 21001 akan lebih memiliki kepercayaan. Pada hal ini memiliki kesempatan untuk dipercaya sebagai penyelenggara pendidikan yang memiliki komitmen tinggi terhadap praktek manajemen pendidikan yang efektif. Oleh karena itu, institusi pendidikan akan lebih dipercaya di mata masyarakat karena hasil yang diberikan dapat dipercaya.

Meningkatkan Kredibilitas

Organisasi pendidikan yang telah berkomitmen untuk menerapkan ISO 21001 secara otomatis akan meningkatkan pula kredibitasnya. Penerapan ini dilakukan pada semua bidang dan lini yang ada pada organisasi pendidikan tersebut. Sehingga kepercayaan publik akan meningkat karena adanya komitmen sistem penjaminan mutu terhadap pendidikan.

Menjadi Model Perbaikan

Secara tidak langsung, organisasi pendidikan yang telah menerapkan ISO 21001 akan memiliki kinerja yang lebih baik dan terpercaya dibandingkan organisasi yang tidak menerapkan ISO ini. Oleh karena itu, organisasi pendidikan tersebut akan dapat menjadi organisasi percontohan yang memiliki komitmen dalam menerapkan pedoman ini.

Selaras dengan Kerangka Internasional

Sistem penjaminan mutu yang ditawarkan dalam ISO 21001 merupakan standar mutu pendidikan setingkat internasional. Oleh karena itu, standar daerah dan standar nasional yang diberlakukan pada organisasi pendidikan tersebut dapat selaras dengan standar dan kerangka internasional.

Terbuka

Adanya komitmen untuk menerapkan sistem manajemen penjaminan mutu pendidikan. Sehingga memberikan kesempatan kepada pihak yang berkepentingan untuk memberikan kontribusi dan berpartisipasi aktif untuk meningkatkan pendidikan.

Meningkatkan Keunggulan dan Inovasi

Sebagai akibat dari penerapan sertifikasi ISO 21001 pada organisasi pendidikan maka organisasi pendidikan harus meningkatkan keunggulan dan inovasi. Setiap penyelenggara pendidikan harus unggul dalam bidangnya masing-masing. Selain itu, untuk mewujudkannya harus memiliki inovasi yang kekinian dan sesuai dengan pergerakan zaman. Sehingga inovasi yang diberikan akan mampu dimanfaatkan.

Penerapan ISO 21001 pada suatu penyelenggara pendidikan diharapkan mampu memberikan manfaat, tidak hanya pada civitas akademik saja, namun juga orang tua, pengembang pendidikan, lembaga swadaya masyarakat, serikat kerja dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan sesorang dengan pengetahuan yang menyeluruh, terkait penyelenggaraan pendidikan yang berbasis ISO ini perlu dilakukan kerjasama. Selain itu juga pelibatan pihak-pihak seperti pengembang standar, sistem riset dan pengembangan serta sistem harmonisasi.

Scroll to top