Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah tumbuh di Indonesia. Kunyit memiliki berbagai macam kegunaan. Salah satunya adalah untuk bumbu dapur dan pewarna alami (warna kuning). Selain itu, kunyit juga bisa digunakan sebagai obat tradisional beberapa penyakit seperti radang tenggorokan, penambah nafsu makan, dan obat lambung. Oleh karena itu, banyak orang yang mulai membudidayakan kunyit di pekarangan mereka. Lantas, bagaimana cara menanam tanaman kunyit?

Menanam tanaman kunyit dapat dilakukan dengan menggunakan rimpang kunyit. Selain itu, tanaman kunyit juga bisa ditanaman dalam sebuah pot. Oleh karena itu, pot dan rimpang kunyit sebaiknya disiapkan terlebih dahulu sebelum proses menanam. Rimpang kunyit yang berukuran besar dapat dipotong menjadi beberapa bagian. Akan tetapi, pastikan jika setiap bagian terdapat tunasnya.

Sementara itu, pot yang sudah disiapkan dapat diisi dengan tanah organik. Selanjutnya, rimpang kunyit tadi bisa ditempatkan di tanah dengan kedalaman sekitar 5 cm. Pastikan kuncup pada rimpang tersebut menghadap ke atas. Setelah itu, pot yang berisi rimpang kunyit bisa disiram dengan menggunakan air. Pot yang berisi tanaman kunyit ini bisa ditempatkan di bawah naungan pohon agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung jika ditanam di daerah tropis. Selain itu, pot berisi rimpang kunyit juga harus dijaga kelembabannya dengan menyiram air secara berkala.

Bagaimana Cara Menanam Pohon Kunyit Secara Mudah?
Scroll to top